Translate

Mengenal Istilah Prime Time di Dunia Pertelevisian

Prime Time. Apa itu? Prime Time adalah istilah bagi para penggelut televisi, penggelut media hingga pengiklan mengenai waktu yang pas untuk "meramaikan" televisi.
Kenapa kita sebut demikian?

Prime time adalah waktu yang pas bagi para penonton untuk menghabiskan waktunya di depan televisi, disaat prime time inilah orang lebih banyak melakukan aktivitasnya di depan menonton televisi ketimbang waktu-waktu yang lain.
Saat Prime time-lah orang telah beristirahat pulang selepas pulang kerja.
Saat Prime time-lah keluarga sedang berkumpul di depan televisi untuk menyaksikan program hiburan sembari membahas seharian penuh mereka.
 
 
Nah, maka dari itulah, Prime time menjadi sangat menggiurkan untuk para pemilik produk untuk mempromosikan produk mereka di televisi saat jam-jam Prime time tersebut, karena penonton televisi sedang banyak-banyaknya, dengan begitu kemungkinan pengguna produk mereka akan bertambah.
Sebenarnya, kapan sih Prime time itu?
Prime time terjadi antara pukul 18.00-22.00. Nah, di sinilah saat yang tepat untuk mempromosikan produk-produk yang ingin dijual. Oleh karena itu, jangan heran kalo jam-jam segini banyak penonton yang mengeluhkan iklan yang cukup banyak dan berbanding terbalik dengan jam tayang program favorit mereka.
Lalu, apa dampaknya pada pihak stasiun televisi?

Pihak televisi bersama tim kreatif mereka akan bekerja (sangat) keras membuat atau menentukan acara apa yang bagus untuk dimasukkan ke slot jam Prime time tersebut. Maka dari itu, ada beberapa program unggulan yang share-nya cukup tinggi masuk di Prime time. Kita ambil contoh seperti: Tukang Bubur Naik Haji (RCTI) yang sering merajai share beberapa minggu berturut-turut, ada lagi Opera Van Java (Trans 7) yang menjadi program komedi hiburan di Prime time. Oh ya, diawal Prime time pun, ANTV tidak ingin kalah dengan meletakkan "jagoan Prime time" mereka Pesbukers di pukul 18.00 WIB. Trans 7 pun meletakkan On The Spot dan Hitam Putihnya juga pada jam Prime time tersebut. Terbukti, On The Spot juga begitu diminati masyarakat dengan tingkat share-nya yang tidak begitu mengecewakan.
 
 Siapa bilang Prime time hanya diisi program hiburan saja? Metro TV menjawabnya dengan menghadirkan Prime time news, dan masih banyak lagi program-program yang hadir saat Prime time.
Kembali lagi, ini adalah efek berkesinambungan dari Prime time itu sendiri.
Nah, kira-kira penggambarannya seperti gambar di atas. Ada pihak yang bilang jika ngiklandi jam prime time itu pasti lebih mahal ketimbang di jam lainnya. Masalah biaya iklan itu kembali ke pihak stasiun televisi, namun jika dilihat menggunakan logika, sangatlah pasti jika biaya iklan mahal terutama di jam-jam prime time tersebut. Bisa kita bilang, skema di atas adalah segitiga sama-sama untung antara penonton, pengiklan dan pihak televisi.
Oke, mungkin itu saja yang bisa dibagi kali ini mengenai apa sih prime time itu. Mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hak Cipta Di Lindungi

MyFreeCopyright.com Registered & Protected