Translate

7 Cara Agar Kamu Mulai Shalat Berjamaah di Masjid



PADA tahun 1882, Geladstone (mantan Perdana mentri inggris) pernah ngomong dan ngasih pidato di hadapan para Missionaris:
“Kita tidak akan pernah bisa mengalahkan Islam dan kaum Muslimin sebelum merusak tiga hal dari mereka; shalat Jumat, haji, dan Al-Quran.”
Sebenernya yang mereka takutin tuh bukan karena shalat Jumatnya. Juga bukan karena ritual hajinya. Tapi mereka (para musuh Islam) tuh takut kalo ngeliat kita bersatu padu. Sebaliknya, kalo kita ribut mulu sama sesama, mereka bakalan tertawa ngakak liat tingkah laku kekanakan kita.
Nah, ngomongin tentang persatuan, pastinya kita bakalan keingetan dengan salah satu kewajiban kita yaitu shalat berjamaah. Hayo siapa yang udah full bisa shalat jamaah di Masjid? (khususnya buat para cowok nih…)
Pernahkah kamu melihat jumlah jamaah shalat Subuh atau shalat fardhu lainnya sebanyak jamaah shalat Jumat? Jawabannya udah jelas banget sejelas matahari di siang hari. Tidak!! Itu dia jawabannya.
Jika kita bener-bener tahu segede apa pahala yang didapatkan oleh orang yang shalat berjamaah di Masjid, maka dijamin kita pasti akan maksa-maksain diri kita buat shalat berjamaah.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“…Seandainya kamu mengetahui pahala shalat berjamaah pada waktu Subuh dan Isya, tentu kamu akan medatanginya sekalipun dengan merangkak..,” (HR. Abu Daud dan An-Nasai).
Sampe ngerangkak? Yoi, begitulah kata Nabi. Itu berarti kan ada udang di balik batu. Eh. maksudnya ada keuntungan yang guuede buanget di balik shalat berjamaah… Tapi sayangnya banyak banget ya dari kita yang males-malesan pergi ke Masjid, apalagi untuk shalat Subuh dan Isya.

Awas! hati-hati loh jangan sampai masuk ke dalam perangkap Iblis dan antek-anteknya. Jika kita udah ngerasa berat untuk pergi shalat berjamaah di shalat Subuh dan Isya maka kita wajib ekstra waspada, jangan-jangan kita udah termasuk ke dalam golongan orang-orang munafik sebagaimana yang telah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam sampaikan kepada kita.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya dan Subuh . Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua shalat tersebut tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak,” (HR. Ahmad).

Sungguh saat kita melangkahkan kaki ke Masjid, Allah mengugurkan dosa-dosa kita dan di langkah kita yang lainnya maka Allah akan meninggikan derajat kita. Double manfaat dalam satu amal perbuatan. Dahsyat gak tuh?!!
Buat kamu yang biasanya shalat di rumah pastinya agak berat kalo musti shalat di Masjid berjamaah. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mulai shalat berjamaah, diantaranya:

1. Perkuat niat untuk bisa shalat berjamaah, kalo kita udah punya ‘azzam – maksudnya niat yang kuat, maka bisikan-bisikan syaithaniyyah gak akan bakalan mempan ke kita.

2. Banyak-banyak baca buku atau artikel tentang keutamaan shalat berjamaah.

3. selalu mendengarkan hal-hal yang berhubungan dengan agama melalui media apapun , contohnya saat memndengarkan radio putar lah siaran-siaran berhubungan agama bukan yang hanya putar-putar musik semata

4. Saling mengingatkan untuk shalat berjamaah sesama teman. Rame-rame shalat ke Masjid kan seru. Pokoknya saat kamu mau ajakin temen shalat jamaah tinggal bilang aja, “Gak ada loe gak rame.” Wallahu a’lam bishawab

5. Gaul ama temen-temen yang udah terbiasa shalat berjamaah, mudah-mudahan bisa ketularan shalehnya.

6. Step by step alias bertahap, maksudnya kita coba tentukan misalnya pekan ini kita harus shalat Subuh berjamaah.
Shalat yang lainnya shalat sendiri dulu juga gak apa-apa. Nah, setelah udah terbiasa shalat Subuh berjamaah, tularkan ke shalat yang lainnya. Menurut pengalaman sih, kalo seseorang udah bisa shalat Subuh berjamaah, shalat yang lainnya pun akan terasa mudah dilaksanakan secara berjamaah pula.

7. Buanglah perasaan rasa malu anda karna itu semua adalah syaitan biasa nya kan gitu kalau baru pertama-pertama kali ke masjid belum ke biasaan kan berasa malu apalagi pas mau pergi ada teman yang mengatakan “iyya tawwa tumben tobat mhy dhy” ndak usah hiraukan saja karna itu adalah termasuk godaan syaitan bukannya saya mengatakan teman anda syaitan yeah bukan tapi dia lagi bersifat syaitan, atau anda bisa balik menasehati dia agar mau sama-sama ke masjid bersama anda.




Semoga bermanfaat

“Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL SAYA TENTANG 7 Cara Agar Kamu Mulai Shalat Berjamaah di Masjid,


BACA JUGA:








0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hak Cipta Di Lindungi

MyFreeCopyright.com Registered & Protected