Translate

JANGAN PERNAH UCAPKAN KATA-KATA INI PADA ANAK ANDA



Para orang tua mungkin yang anda katakan pada anak anda itu pada saat menasehati atau memarahinya adalah semua yang terbaik untuk mereka tapi sadarkah anda bahwa anggapan anda sebenarnya itu salah karna ada bebarapa kata-kata yang tidak sepatutunya di katakan di hadapan anak anda sendiri karna dapat menggangu perkembangan dan pisikologisnya, Menjadi orang tua memang bukan hal yang mudah. Disatu sisi kita harus mengajarkan segala hal yang baik, yang mana pula anda mengira itu lah yang terbaik untuk mereka tapi belum tentu itu yang terbaik untuk dia, kita juga tidak boleh menahan keinginan anak dan menghalang halangi perkembangan selagi itu tidak berakibat buruk bagi mereka, namun disisi lain kita tidak bisa menahan rasa ingin tahu anak yang begitu besar dari hal baik hingga hal yang terburuk. Namun sebagai orang tua terkadang kita merasa lupa saat dulu masih anak anak juga memiliki keingintahuan yang sama.
Untuk yang masih berproses menjadi orang tua ataupun yang sudah menjadi orang tua sebaiknya kita perlu memahami hal ini. Salah satunya memperhatikan kata kata yang akan kita ucapkan pada anak kita, dan seharusnya kita sebagai orang tua menghindari kata kata berikut :

1.       Jangan Membandingkan anak anda Dengan Anak yang Lain

Membanding bandingkan anak sendiri dengan anak yang lain adalah hal yang kurang tepat. Apalagi jika orang tua membandingkan anak yang satu dengan yang lain. Ini akan menimbulkan anggapan bahwa orang tua pilih kasih.
2.       Membandingkan dengan Keburukan Orang Tua

Terkadang membandingkan kebaikan orang tua pada anaknya adalah hal yang wajar. Namun jangan pernah membandingkan keburukan orang tua. Contohnya seperti â?? kelakuanmu itu sama aja kayak ayahmu/ ibumuâ??. Hal itu bisa membuat tingkat penghormatan dan penghargaan anak berkurang terhadap orang tua.
3.       Jangan Ganggu Ibu/Ayah !

Setiap orang tua pasti memiliki masalah yang terkadang ingin menyendiri. Namun tidak baik jika orang tua mengatakan hal tersebut pada anaknya. Anak akan merasa bahwa dia tidak diinginkan kehadirannya. Jika memang orang tua ingin sendiri lebih baik titipkan anak pada orang tua kita atau biarkan mereka bermain sendiri tapi tetap pada jangkauan kita.
atau pada saat kita lagi sibuk kita tidak boleh mengatakan hal itu tapi kalu memang anda tidak mau di ganggu anda harus mengatakanya baik-baik pada anak anda.
4.       Membentaknya dengan Mengucapkan Kata Bodoh

Tidak semua anak dapat menerima penjelasan dari kita orang tua. Jangan pernah megucapkan kata â?? kamu tuh bodoh banget sih, susah di kasi tauâ??. Karena dengan mengucapkan kata tersebut itu akan terekam pada otak anak sehingga bisa jadi sang anak bisa mewujudkan hal tersebut.
5.       Membandingkan dengan Masa Kecil Orang Tua

Jika anak dibandingkan dengan masa kecil orang tuanya dengan cara memarahi. Karena sang anak tidak akan termotivasi dan justru sebaliknya, anak akan kesal jika dibandingkan dengan masa kecil orang tuanya. Sang anak akan semakin terpuruk. Untuk itu hindari untuk melakukan pencitraan diri pada anak dengan kondisi sekarang.

Anda harus menyayangi anak anda dan melembutinya bagimana pun posisi anda.



0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hak Cipta Di Lindungi

MyFreeCopyright.com Registered & Protected